Detil Artikel

Cara Persemaian Bawang Merah asal biji/ TSS ( True Seed of Shallot ) https://youtu.be/ReBTi8dDPZM Dibuat pada 2021-08-08 00:14:29 Oleh : HERU PRASETYA

PENDAHULUAN

Biji bawang merah ( True Seed of Shallot ) adalah biji botani bawang merah yang berasal dari bunga/ umbel bawang merah yang sudah tua (masa tanam sekita 4 bulan) dan di proses sebagai benih.

PERSEMAIAN BAWANG MERAH TSS

1.LANGKAH PERSEMAIAN SISTEM TABELA ( TEBAR BENIH LANGSUNG )

  • Dibuat bedengan ukuran lebar 120 cm panjang menyesuaikan kebutuhan. Untuk kemasan 50 gram ( setara 15.000 seed ) pembuatan benih cabutan memerlukan luasan bedengan 1,20 m x 5 m.
  • Menyiapkan Sekam  pada Bedengan dengan tebal sekitar  25 cm, membuat titik api dengan jarak 1 meter dan diibakar sampai menjadi  Arang sekam, setelah muncul Arang sekam selanjutnya disiram sehingga menjadi dingin. Lama waktu pembakaran sekitar  8 -  10 jam.
  • Mencangkul bedengan bekas pembakaran sekam  menggunakan cangkul kecil dengan kedalaman 10 – 15 cm, selanjutnya tanah diratakan menggunakan sebatang bambu dan dibuatkan alur semai sedalam 1-2 cm dengan jarak 10 cm.  Alur semai buat menyemai benih bawang merah. 
  • Mencampur benih Bawang Merah dengan Fungisida / Insektisida powder/ dengan tujuan memberi warna dan mencegah serangan hama dan penyakit, selanjutnya benih ditabur di alur semai secara merata dan kemudian ditutup dengan sekam atau kompos.  Setelah selesai kemudian dilakukan penyiraman  menggunakan gembor dengan lubang yang tekanan airnya kecil. Penyiraman dilakukan secara rutin dengan melihat kondisi tanah atau media semai. UNTUK MEMPERCEPAT PROSES PERKECAMBAHAN BEDENG PERSEMAIN DAPAT DITUTUP DENGAN MPHP (Mulsa Plastik Hitam Perak) selama 3-5 hari, setelah itu dapat dibuka dan diganti dengan sungkup plastik.
  • Pemberian Naungan / tutup plastik untuk menjaga kelembaban dan melindungi semaian dari gangguan cuaca.
  • Benih akan mulai tumbuh sekitar 5 hari  dan  dengan perawatan rutin  maka benih akan siap dipindah tanam setelah berumur 40 HSS. Ciri – ciri semaian dewasa dan siap pindah tanam adalah daun berjumlah 5 – 7 helai, mulai muncul umbi/seperti pentol korek  di pangkal batang nya.
  • penjelasan lebih lanjut dapat dilihat dalam link chanel youtube berikut https://youtu.be/ReBTi8dDPZM

Artikel Lainnya Dari Penulis Ini